TIPS MANAJEMEN WAKTU

Pernahkah kita merasa kalau waktu 24 Jam yang telah diberikan Sang Pencipta kita itu sangat kurang???
Pasti kita kita pernah merasakannya terutama saat kita sedang (misalnya) diburu-buru oleh tugas-tugas deadline kuliah padahal harus segera terjun untuk kegiatan sosial di masyarakat kemudian ini, itu..dan sebagainya. Namun sebenarnya, waktu 24 Jam itu amatlah cukup jika kita memanfaatkannya dengan baik dan terstruktur. Mau tau strateginyaa..?
Let’s cek ki dott…^^

Menurut Abu Nayla Al-Magety (2010 : 73-76), “Live good, honorable life. Then when you get older and think back, you’ll be able to enjoy it a second time. – Hiduplah dengan baik dan penuh arti. Supaya kelak disaat Anda tua dan mengingatnya kembali, Anda akan menikmatinya kembali selama beberapa saat.” – Dalai lama.

Time management atau managemen waktu merupakan suatu hal yang penting, yang berharga karena berkaitan dengan waktu yang tidak bisa diulang atau dilambatkan. Kita menyadari bahwa kita hanya memiliki waktu 24 jam per hari, waktu yang terbatas tetapi tugas yang harus dikerjakan oleh kita cukup banyak, kadang-kadang kita ingin sehari itu 48 jam (ini tidak mungkin), salah satu solusinya adalah mengatur waktu, manajemen waktu.

Orang yang sukses memiliki 24 jam sehari, kita juga memiliki 24 jam sehari, tiada beda jumlah waktunya tetapi yang membedakannya adalah bagaimana kita mengatur waktu itu. Itulah pentingnya aspek manajemen waktu. Sehingga muncul istilah yang terkenal, waktu adalah emas. Nah bagaimana tips manajemen waktu, berikut ini tips-tips yang mungkin berguna :

1.    Tidak tergoda untuk mengerjakan hal-hal yang kecil tetapi menyita waktu.

Kuncinya adalah disiplin didalam mengerjakan rencana yang tentunya sudah ada prioritasnya.

2.    Gunakan alat bantu manajemen waktu.

Sudah banyak dijual alat-alat bantu manajemen waktu seperti agenda, to do list, dan sebagainya. Dari yang berbentuk buku hingga alat elektronik seperti PDA, smart phone, tabletPC.  Gunakan alat-alat tersebut, jangan ragu untuk menggunakannya karena alat-alat tersebut sangat membantu kita mengatur waktu.

3.    Prediksi berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

Kita harus mengetahui kira-kira seberapa lama waktu yang diperlukan, sesuaikan dengan kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas tersebut, jangan membuta prediksi yang tidak sesuai dengan kemampuan kita karena hal ini malah dapat menimbulkan masalah lain.

4.    Mengetahui kapan suatu tugas harus diselesaikan.

Seperti pada point pertama, kita mengerjakan sesuai dengan prioritas, kita harus mengetahui kapan suatu tugas harus diselesaikan dan mana tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda.

5.    Kita tidak bisa mengerjakan dua tugas dalam waktu yang bersamaan.

Fokus, salah satu hal yang penting dalam manajemen waktu adalah fokus pada satu tugas.

6.    Hindarkan untuk terpaku pada lama waktu yang telah kita rencanakan.

Ketika kita merencakan untuk menyelesaikan suatu tugas dalam waktu (ex. 3 jam), hindarkan kita untuk selalu berpaku pada waktu tiga jam itu dalam menyelesaikannya. Sehingga, kita bisa melanjutkan untuk tugas selanjutnya.

7.    Keep it simple.

Tips manajemen waktu yang lain adalah selalu bersikap efisien. Jangan melakukan sesuatu yang bisa membuat rumit / susah yang malah menghabiskan waktu. Jika suatu tugas dapat dibuat sederhana mengapa harus dibuat sulit, mudahkan maka kita akan menemukan waktu yang lebih banyak.

 

Sumber  Rujukan :

Al Magety, Abu Nayla. 2010. Tips Terpenting Manajemen Waktu : Cara Cepat dan Mudah Meraih Kesuksesan dan Kekayaan. Yogyakarta : Moncer Publisher.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s