CIRI – CIRI PEMILIK INNER BEAUTY

Berikut adalah tanda seseorang yang memiliki Inner Beauty menurut Daru Wijayanti (2009 : 83-87).

Tanda – tanda yang nampak pada orang yang memiliki inner beauty, di antaranya :

  1. Mampu menunjukkan bahwa ia merasa sangat nyaman. Ia berani, tidak menampakkan kegelisahan-kegelisahan yang biasanya timbul saat seseorang memasuki lingkungan baru.
  2. Menunjukkan minat pada lingkungan. Ia menikmati suasana yang dihadapi. Rajin menggali informasi dari lingkungan, mulai dari orang per orang, juga elemen – elemen yang ada di lingkungan yang dihadapi, lalu mempelajarinya.
  3. Seimbang. Ia memfokuskan diri sebagai pusat keseimbangan. Ia tidak terhanyut oleh cerita, komunikasi, citra lingkungan, sedemikian rupa sehingga melupakan dirinya sendiri. Ia objektif, memperhatikan ke dalam dan keluar dirinya secara seimbang.
  4. Harmonis. Ia bisa saling mengisi dalam berkomunikasi secara harmonis. Tidak mendominasi. Ia mengatur irama, tempo, intensitas pembicaraan, kapan ia mendengar atau berbicara, serta tidak berpindah-pindah tema pembicaraan secara drastis.
  5. Estetis. Ia sangat memahami estetika, misalnya menyesuaikan busana dengan acara, memilih kata-kata yang baik dalam berkomunikasi, memilih tema pembicaraan. Ia menarik, mengesankan, tidak berlebihan.
  6. Bahasa tubuh yang positif.
  7. Percaya diri.
  8. Kharismatik. Ia memilki aspek berpengaruh, menjadi panutan, dan mempunyai jiwa kepemimpinan. Suatu indikasi dari kharismanya adalah ia memiliki visi kedepan, memiliki upaya transformasi kesadaran lingkungan kea rah yang lebih baik, memberikan pencerahan, dan memiliki keyakinan dalam memecahkan masalah yang ada di lingkungan. Ia tidak perlu lagi mengatur lingkungan, karena lingkungan yang justru akan mengikutinya tanpa diperintah. Kharisma merupakan dampak lebih jauh dari inner beauty.
  9. Ketulusan hati merupakan sifat yang paling disukai oleh semua orang. Karena ketulusan hati bisa membuat orang lain merasa aman dan dihargai sehingga yakin tidak akan dibodohi ataupun dibohongi. Seseorang yang memberikan ketulisan hati akan selalu ,mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari alas an atau bahkan memutar balikkan fakta.
  10. Kerendahan hati mampu mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yang kuat jiwanya mampu bersikap rendah hati. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Biasanya dia akan bisa membuta orang yang memiliki kelebihan di atasnya akan merasa tersanjung. Sedangkan orang berada di bawahnya tidak merasa minder saat bersamanya.
  11. Kesetiaan memang kepribadian yang sangat langka dan tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Karena biasanya orang yang memiliki kesetiaan, maka selalu beerusaha menepati janji, memiliki komitmen yang kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.
  12. Memiliki sikap yang positif, merupakan poin yang sering dicari. Karena seseorang yang memiliki sifat positif maka lebih senang membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka berbicara tentang asa daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam dan sebagainya.
  13. Tidak semua orang dikaruniai sifat penuh keceriaan. Tapi keceriaan bukan hanya ekspresi wajah dan tubuh tetapi sikap hati. Biasanya seseorang yang ceria, bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain dan juga dirinya sendiri. Dia memiliki potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.
  14. Bertanggung jawab atas segala kewajiban dengan sungguh-sungguh, juga salah satu kepribadian yang sering dicari, baik itu kaum perempuan maupun laki-laki. Saat melakukan kesalahan, biasanya dia akan berani mengakuinya. Ketika kegagalan dialaminya, maka dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Kekecewaan yang pernah dialami ataupun merasa sakit hati, biasanya dia tidak akan menyalahkan siapapun. Karena dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apa pun yang dialami dan dirasakannya.
  15. Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukan dan melakukannya dengan baik.
  16. Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa-masa sulit, dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.
  17. Orang yang easy going menganggap hidup ini ringan. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau pusing dan stress dengan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.
  18. Empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik, dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagio kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

Sumber Rujukan :

Wijayanti, Daru. 2009. Rahasia Cantik Luar Dalam. Yogyakarta : Diglossia Media Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s