Pola Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Sejak kecil seringkali baik di rumah maupun di sekolah kita diajarkan dengan pola makanempat sehat lima sempurna. Memang untuk memperoleh badan yang sehat dibutuhkan pula pola makan yang sehat pula.

Untuk mengingat kembali pola makan empat sehat lima sempurna tidak ada salahnya kita ulas lagi pengertian empat sehat lima sempurna adalah sebagai berikut:

1.MakananPokok

Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita sehingga tubuh mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum/tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.

2.Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.

3.Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.

4.Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.

5.Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

Sumber: http://gayahidupsehat.org/pola-makan-4-sehat-5-sempurna/#ixzz1w433jOPi

Posted by Nugroho

One thought on “Pola Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s