Buku di perpus kog ga boleh dipinjam.?

Baru saja  saya baca sebuah majalah CIVITAS edisi XXXII/Februari/2012. Sekelebat ada yang menarik ni bagian surat pembacanya. Ada sebuah komentar dari seorang mahasiswi yang bernama Aluna Safira. Begini isi nya…

“perpustakaan yang lengkap sudah pasti mendukung proses pembelajaran. Sebagaimana yang terdapat di perpustakaanprogram saya, buku yang disediakan cukup lengkap untuk membantu mengerjakan tugas kuliah. Tetapi sayang kelengkapan itu hanya dapat dinikmati di dalam perpustakaan dan tidak boleh untuk menikmatinya dirumah. mengaapa ada aturan buku yang ada di perpustakaan program tidak boleh dipinjam dan dibawa pulang? Mahasiswa tidak bisa bisa selamanya mengerjakan tugas yang didukung dengan buku tersebut di perpustakaan, karena keterbatasan waktu. terkadang mahasiswa juga berkeinginan untuk mengerjakan tugas atau membaca buku tersebut di rumah atau di tempat lain di luar perpustakaan….”

nah… ada suatu keluhan yang diberikan oleh pengguna terhadap aturan perpustakaan  tersebut. Namun apa sih penyebabnya diberlakukan aturan seperti itu. Ada beberapa analisa saya yang bisa sedikit saya sampaikan.

Pertama adalah buku tersebut merupakan buku khusus yang tidak bisa dipinjamkan seperti pada bagian referensi. Nah buku di bagian ini tidak dapat dipinjamkan dan hanya bisa di baca di tempat atau fotocopy saja.

kemudian buku tersebut adalah buku yang hanya memiliki jumlah tidak lebih dari satu eksemplar, biasanya terletak di bagian close reserve (CR). Buku yang masuk dalam bagian ini juga hanya bisa dibaca ditempat dan foto copy. namun di tempat saya bekerja ada kebijakan bahwa buku dapat dipinjam di hari sebelum hari libur dan di kembalikan setelah libur selesai maksimal jam 9 pagi. Tujuannya tidak boleh dipinjam yaitu karena buku tersebut hanya terbatas dan untuk pemerataannya maka perlu dibuat kebijakan tersebut.

Nah mungkin seperti itu analisa dari saya. Dan mungkin perlu sosialisasi dari pihak perpustakaan untuk memberikan informasi tentang layanan perpustakaan sehingga tidak terjadi kesalah pahaman antara pustakawan dengan pemustaka.

Tetep samangat semuanya..😉 jayalah negaraku Indonesia

Posted by Eka Aji Mustofa 

    

One thought on “Buku di perpus kog ga boleh dipinjam.?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s