“Jadikan Perpustakaan sebagai Sahabat Kita dalam Belajar”


          Ketika kita mendengar kata perpustakaan, yang selalu ada dalam angan-angan kita adalah suatu tempat yang dipenuhi buku-buku yang semakin lama semakin menua dan jauh dari informasi-informasi yang terkini. Dalam waktu yang sangat lama buku menjadi tumpuan utama sumber daya pengetahuan dan perpustakaan bertugas untuk menghimpunnya. Hal inilah yang menyebabkan timbul anggapan bahwa perpustakaan hanya sebagai tempat penyimpan buku, padahal perpustakaan berperan sangat vital dalam penyediaan informasi bagi masyarakat sebagai sarana long life education. Perpustakaan juga selalu aktif untuk berkembang menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang terjadi agar selalu dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka.

            Kita ketahui bersama bahwa perpustakaan pada saat ini tidak hanya memiliki koleksi tercetak seperti buku-buku, namun juga menyajikan koleksi-koleksi digital sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, selain itu perpustakaan juga dapat digunakan sebagai tempat diskusi. Koleksi-koleksi digital itu diantaranya seperti rekaman film, dokumentasi peristiwa-peristiwa bersejarah dan yang lainnya, sejalan dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini.

            Jika kita cermati, paradigma perpustakaan merupakan sumber informasi, hal itu disebabkan perpustakaan menyimpan berbagai jenis koleksi baik yang tercetak maupun terekam. Keberadaan perpustakaan tidak hanya sebagai tempat penyimpanan buku saja, namun secara umum perpustakaan mengemban beberapa fungsi, diantaranya adalah fungsi informasi, fungsi pendidikan dan fungsi penelitian Hal itu menunjukkan bahwa sesungguhnya peran perpustakaan sangat vital dalam memajukan dunia pendidikan.

            Selain ditinjau dari fungsi-fungsi perpustakaan diatas, perpustakaan juga merupakan suatu sarana utama untuk meningkatkan minat baca dan tulis di kalangan pendidikan maupun masyarakat. Keberadaan perpustakaan akan membantu peserta didik dalam memperluas perbendaharaan bahasa yang mereka miliki. Perpustakaan juga dapat menggerakkan kebiasaan cinta membaca, kita tahu bahwa dengan kegemaran untuk membaca akan memperluas pengetahuan kita..

            Dalam kaitannya dengan masyarakat informasi, keberadaan perpustakaan sangat berperan penting. Perlu kita ketahui bahwa masyarakat informasi adalah suatu masyarakat yang membutuhkan ketersediaan serta kemudahan dalam pengaksesan informasi. Dalam dunia pendidikan dapat kita ketahui bahwa keberadaan informasi sangatlah penting karena dengan adanya informasilah dapat dikembangkan kerangka berpikir baru dalam pengembangan pembelajaran. Sedangkan kaitan perpustakaan dengan lembaga pendidikan telah jelas bahwa perpustakaan dan lembaga pendidikan memiliki tugas yang sama yaitu sebagai penyebar informasi. Dalam penyampaian informasi, antara perpustakaan dan lembaga pendidikan memiliki perbedaan, jika lembaga pendidikan memberikan informasi pada peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum namun perpustakaan menyajikan informasi kepada peserta didik tanpa terikat oleh kurikulum. Dalam konteks itulah perpustakaan bergerak sebagai salah satu pendamping belajar bagi peserta didik.

           Selain itu, perpustakaan merupakan salah satu sarana belajar yang efektif yang dapat digunakan dalam menambah pengetahuan melalui bahan bacaan yang beraneka ragam. Berbeda dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di sekolah, perpustakaan menyediakan berbagai koleksi yang diminati oleh masing-masing peminatnya. Dengan tersedianya beraneka ragam koleksi, memungkinkan tiap pemustaka memilih apa yang sesuai dengan minat dan kepentingannya. .

          Sebagai sahabat yang selalu menemani kita dalam belajar, perpustakaan memiliki fungsi utama sebagai sumber daya informasi, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan menjadi ujung tombak kemajuan suatu institusi, terutama institusi pendidikan karena perpustakaan merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk mengembangkan diri seiring perkembangan informasi yang sedemikian pesatnya. Hal ini dikarenakan perpustakaan bekerja sebagai penghimpun segala informasi yang dibutuhkan suatu institusi dalam rangka memajukan institusi itu ke depannya. Keberadaan perpustakaan sebagai suatu sarana penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang penting bagi lembaga induknya, serta masyarakat yang menggunakan jasanya. Oleh karena itu sering kita mendengar bahwa di perguruan tinggi, perpustakaan merupakan jantung suatu perguruan tinggi.

            Dalam rangka menyajikan segala infomasi yang dibutuhkan oleh penggunanya, perpustakaan selalu tanggap dalam menghadapi segala perubahan sehingga perpustakaan selalu meningkatkan kinerjanya dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai pengelola informasi. Dalam merespon kebutuhan pemustaka dan perkembangan zaman, tentunya itu adalah pekerjaan yang sangat berat dan tidak akan pernah ada habisnya karena kebutuhan pemakai selalu berkembang. Maka dari itu perpustakaan selalu berinovasi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pemustaka.

            Dalam menemani kita dalam rangka mensukseskan asas belajar sepanjang hayat, perpustakaan juga beradaptasi terhadap perkembangan zaman karena secara perlahan mulai beranjak dari sistem konvensional menuju sistem digital. Saat ini telah marak bermunculan digital library yang koleksinya berupa e-book, e-journal dan sejenisnya. Perlu kita ketahui bahwa yang dimaksud perpustakaan digital merupakan suatu perpustakaan dengan koleksi-koleksi yang hanya berbentuk digital, dapat diakses secara global dan memberikan layanan setiap saat asalkan pemustaka tersebut memiliki koneksi dengan internet.

Dari penjelasan-penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa perpustakaan selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan juga selalu berinovasi dalam upaya menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka dalam rangka menjadi sahabat yang selalu setia menemani kita dalam belajar, oleh karena itu ketika kita ingin membuka cakrawala berpikir kita yang lebih luas, perpustakaan menjadi salah satu sarana yang dapat kita gunakan.

(Niken Rosidah Khosna)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s