Your Inner Beauty…

Wanita yang merasa dirinya cantik belum tentu pendapat orang lain juga cantik. Namun, kadang wanita yang biasa saja alias hanya pas-pas malah terlihat istimewa and penuh kesan….wauww aneh yya? Kok bisa gitu sih?

Hmm, ternyata semua itu karena adanya inner beauty yang ada di dalam diri seorang wanita. Kadar inner beauty setiap wanita pun berbeda-beda. Ada wanita yang sangat mempesona, mengagumkan, mengesankan hingga sampai pada wanita yang biasa saja dan tak berkesan sama sekali.

Menurut Daru Wijayanti (2009 : 77) inner beauty bermakna sesuatu yang cantik, menarik, dimana kecantikan tersebut merupakan pancaran dari dalam diri seseorang. Pancaran kuat inilah yang menyebabkan mengapa seseorang tampil begitu penuh pesona. Inner beauty biasanya disebut juga dengan kecantikan batiniah. Inner beauty atau kecantikan batiniah itu tidak berwujud. Kecantikan hakiki adalah kecantikan yang muncul atau timbul dari dalam diri. Namun budaya iklan yang memabukkan dan melenakan para wanita menjadi salah satu pemicu untuk memilih jalan pintas. Padahal kecantikan dari dalam diri tidak berbiaya mahal. Hanya ketulusan hati dan rasa syukur yang memberikan aura positif yang tidak kalah dengan kecantikan fisik. Orang yang memilikinya akan selalu tampak percaya diri, nyaman dengan diri sendiri, bahkan juga menimbulkan kenyamanan bagi orang lain. Ia menunjukkan gairah hidup, memiliki bahasa tubuh yang sesuai dengan isi pembicaraan, memiliki empati yang tinggi, dan selalu melibatkan emosi secara proporsional dalam berkomunikasi. Ia juga pendengar yang baik, mampu menghidupkan suasana, dan mempunyai pengaruh terhadap orang-orang yang ada di sekelilingnya. Mereka yang memiliki inner beauty, secara fisik mungkin biasa-biasa saja, atau katakanlah nilainya cuma rata-rata, tetapi ada pesona lain yang ditebarkan. Sehingga penampilannya secara keseluruhan terlihat lebih menarik. Memang tak dapat dipungkiri, pesona pada diri seseorang seringkali bersumber dari fisik. Artinya, Anda yang berwajah ganteng, cantik, bertubuh proporsional plus ditunjang pakaian dan penampilan yang keren, akan terlihat menarik. Tapi pesona lahir seperti ini akan luntur manakala tidak didukung oleh pesona dari dalam. Perempuan dengan inner beauty akan merasa nyaman dengan dirinya sendiri, mengetahui kelemahan serta kelebihannya, sehingga dapat meminimalisir kekurangan tersebut menjadi sesuatu yang bahkan akan tidak tampak sama sekali, dan tidak membiarkannya mengganggu kenyamanan dirinya dalam bersosialisasi. Ia juga tahu bagaimana menonjolkan kelebihannya, menjadikannya sebagai point plus  , cerdas, percaya pada diri sendiri, serta menebarkan aura positif kemana pun dia melangkah dan dimana pun dia berada. Cantik itu harus ditekankan pada pencitraan diri secara positif, bahwa apa, siapa, dan bagaimana pun bentuknya, selama ia menghargai dirinya sendiri, merawat tubuh dan memelihara jiwanya, maka ia termasuk dalam kategori perempuan dengan inner beauty.

Nah setelah mengetahui tentang arti cantik sesungguhnya yang dijabarkan oleh Kak Daru Wijayanti di atas, kita ngga boleh minder and minder lagi deh membawa diri kita kemana pun. Toh bukan hanya kita yang kan menilai diri kita. Orang lain ikut pula dalam menilai diri kita. Kadang kita merasa diri kita tuh kurang sempurna lah, jelek lah, ngga bisa secantik dia, de-el-el belum tentu juga lho pandangan orang lain juga bakal seperti pemikiran kita. Nah lo!

Yang paling penting sekarang, seperti apa pun diri kita, itu adalah milik kita yang udah di anugrahkan oleh yang Maha Memberi Anugerah. Kita tinggal merawatnya, membuatnya jadi indah dan membantunya untuk tetap sehat dan tidak usang sebelum waktunya. Dan itu kita lakukan sebagai tanda syukur kita terhadap yang Maha Kuasa. Dan untuk masalah bagaimana untuk menjadi seseorang yang mempunyai inner beauty, kita perlu membuat hati kita agar senantiasa dalam kebaikan “karena apa yang disebut dengan inner beauty atau kecantikan batiniah itu benama Budi Pekerti(Wijayanti, Daru (2009 : 81)). Budi pekerti tidak bisa langsung dibangun begitu saja tanpa adanya tahapan-tahapan terlebih dahulu dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, mulai sekarang bagi yang ingin mempunyai kencantikan batiniah, segera deh untuk mengubah kepribadian menjadi lebih indah lagi…memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi saat kita ikhlas Insya Allah semua terasa mudah. Aku juga pengen kok dan ni lagi dalam perjuangan, JJ

Hehehe…

Oiya satu lagi dari Kak Daru Wjayanti (200 : 90) bahwa bersyukur dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan aktivitas yang lebih menjanjikan kedamaian hati. Luangkanlah lebih banyak waktu untuk bersyukur dan beribadah kepada Tuhan YME. Aura kecantikan akan terpancar lebih terang dari seseorang yang memiliki kedamaian spiritual, di mana ia menemukan harapan baru, optimisme, dan kebahagiaan hakiki.

Untuk artikel Ciri-ciri Pemilik Inner Beauty dan Membangun Inner Beauty mungkin juga akan ku tulis di blog ini…harap sabar yaa..^_^

Good Luck Cantiiik…JJJJ

 

Sumber Rujukan :

Wijayanti, Daru. 2009. Rahasia Cantik Luar Dalam. Yogyakarta : Diglossia Media Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s