MANFAAT YANG TERKANDUNG DALAM COKLAT DAN SUSU KEDELAI

Penasaran kan pastinya dengan coklat dan susu kedelai yang ternyata mempunyai banyak manfaat?

Untuk lebih jelasnya kita simak langsung saja uraian di bawah ini…

Coklat

Coklat mempunyai kandungan antioksidan dalam coklat sangat tinggi, dan mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Makin tinggi kadar coklat dalam sebatang coklat, berarti makin rendah pula kandungan gulanya, dan makin baik efeknya ke tubuh kita. Manfaat coklat ini se, sehingga sekarang orang tidak lagi menghindari konsumsi coklat.Meskipun begitu jangan sampai terperdaya dengan khasiat dari makanan manis nan lezat ini. Ada baiknya mempertimbangkan lagi atau pun lebih bijaksana memilih produk coklat, karena bukan mustahil Anda justru akan mendapat kerugiannya ketimbang manfaat yang diharapkan dari makanan ini.

Manfaat Coklat Antara Lain :

1. Dapat mempertajam otak

Ikan bukanlah satu-satunya makanan yang mampu meningkatkan kualitas otak. Sebuah penelitian pada tahun 2009 di Norwegia, mengungkapkan bahwa orang yang rajin mengonsumsi satu hingga tiga ons coklat tiap harinya memiliki hasil tes kognitif yang baik daripada yang tidak.

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian pada tahun 2007 di Jerman mengungkapkan bahwa memakan seperempat ons dark chocolate atau cokelat hitam, setiap hari selama 18 minggu bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik tanpa meningkatkn berat badan. Baru-baru ini para ilmuwan di Yale University juga melaporkan bahwa mengonsumsi satu chocolate bar cokelat hitam atau dua cangkir bubuk cokelat dapat mengurangi tekanan darah dan memperbaiki fungsi pembuluh darah pada orang dewasa yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

3. Dapat menurunkan tingkat kolesterol

Sebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa meminum bahan dasar cokelat, biji kokoa alami dapat memperbaiki tingkat koleksterol Anda. Orang yang meminum cokelat dua kali sehari selama beberapa minggu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 

Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan susu memiliki nilai gizi tinggi serta cocok untuk tua dan muda. Dengan ditemani sehelai roti bakar, minum susu kedelai di pagi hari merupakan tradisi yang sehat dan nyaman.

Para ilmuwan meyakini bahwa susu kedelai dapat memberi manfaat bagi tubuh fisik kita, seperti:

1. Memperkuat tubuh fisik

Mengandung 4,5 gr protein, 1,8 gr lemak, 1,5 gr karbohidrat, 4,5 gr fosfor, 2,5 gr zat besi, 2,5 gr kalsium, vitamin, ribovlavin dan sebagaianya dalam setiap 100 gr susu kedelai untuk meningkatkan tubuh fisik kita.

2. Mencegah diabetes

Susu kedelai mengandung selulosa dalam jumlah besar sehingga dapat mencegah penyerapan gula secara berlebihan. Mengurangi kadar gula yang dapat mencegah diabetes. Susu kedelai merupakan asupan penting bagi penderita diabetes.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

Susu kedelai mengandung steroid, potasium, magnesium yang merupakan zat ampuh untuk memerangi natrium, salah satu penyebab utama hipertensi. Pada saat sodium dalam tubuh dapat

4. Mencegah serangan jantung koroner

Steroid, kalium, magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat memperkuat dan meningkatkan aliran darah, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, menurunkan kolesterol serta meningkatkan aliran darah untuk mencegah kejang-kejang. Minum satu gelas susu kedelai setiap hari dapat menurunkan hingga 50 % kambuhnya kembali penyakit jantung.

5. Mencegah stroke

Magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran darah pada otak sehingga secara efektif mencegah terjadinya infarksi dan pendarahan otak. Lecitin dalam susu kedelai juga dapat mengurangi kematian sel otak serta memperbaiki fungsi otak.

6. Mencegah kanker

Protein, selenium dan molibdenum dalam susu kedelai bersifat menekan tumor ganas. Sangat efektif terutama terhadap kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara. Menurut survei, kemungkinan berkembangnya kanker bagi orang yang tidak minum susu kedelai akan meningkat 50 % dibandingkan dengan mereka yang secara teratur mengkonsumsi susu kedelai.

7. Mencegah bronchitis

Asam dalam susu kedelai dapat mencegah kejang otot, sehingga dapat mengurangi dan mencegah timbulnya bronkhitis.

8. Mencegah penuaan

Selenium, vitamin E dan vitamin C adalah antioksidan sempurna yang dapat meremajakan sel-sel kita, terutama sel otak.

 

Sumber Rujukan :

http://javana80.wordpress.com/category/tips-sehat/page/4/

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s