Perpustakaan, Sarana Pintar Buat Pintar

Dengan melihat saat ini ,banyak orang yang malas berkunjung ke perpustakaan,dengan membaca opini diatas, merupakan sebuah slogan Perpustakaan. Slogan tersebut sering kita lihat di berbagai media. Sarana pintar buat pintar, merupakan sebuah kalimat yang terdiri dari beberapa suku kata, guna mempertegas maksud keberadaan sebuah lembaga yang bernama Perpustakaan.Perpustakaan sendiri merupakan suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu, yang mengelola bahan – bahan pustaka, baik berupa buku – buku maupun bukan berupa buku (Nonbook Material), yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu, sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya(WahyuSupianto,2008)Perpustakaan dan Pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Perpustakaan berfungsi sebagai salah satu faktor yang mempercepat akselerasi transfer ilmu pengetahuan. Sedangkan pendidikan, merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran, atau dengan cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Sebagai sebuah lembaga yang memberikan kontribusinya dalam bidang pendidikan, maka perpustakaan memiliki nilai – nilai pendidikan, edukatif dan ilmu pengetahuan. Orang yang mau membaca dan belajar, dapat memanfaatkan Perpustakaan sebaik – baiknya. Pendek kata, siapapun yang ingin pandai, menambah pengetahuan, keterampilan, dan wawasannya mesti belajar atau gemar membaca, sementara itu, sumber membaca / belajar yang relatif lebih lengkap dan secara konferhensif tersedia adalah Perpustakaan.(Sutarno,2008).Bila melihat tujuan dari didirikannya sebuah Perpustakaan, akan tampak begitu besar manfaat yang dapat diambil. Adapun beberapa tujuan tersebut yaitu :

  1. Menimbulkan rasa cinta untuk membaca.
  2. Memperluas dan memperdalam penguasaan ilmu pengetahuan.
  3. Mengembangkan kemampuan belajar.
  4. Membantu mengembangkan kemampuan bahasa dan daya pikir.
  5. Pemeliharaan bahan pustaka secara baik.
  6. Memberikan kemudahan temu kembali informasi.
  7. Menunjang kegiatan belajar mengajar.
  8. Tempat rujukan untuk mencari informasi, guna pembuatan karya ilmiah maupun penelitian.
    Bila ditinjau dari sisi pandang yang lebih luas, maka peran perpustakaan bertindak sebagai agen perubahan, pembangunan, dan teknologi. Perubahan selalu terjadi seiring dengan sifat manusia yang selalu ingin tahu, eksplore dan berbudaya. Oleh karena itulah perpustakaan mempunyai andil yang besar dalam proses maju mundurnya dunia pendidikan.

Selain itu, pada dasarnya fungsinya perpustakaan adalah sebagai berikut :

  • Mengembangkan kemampuan membaca dan menggunakan sumber – sumber informasi lain bagi siswa, bagi guru, perpustakaan merupakan tempat untuk menambah pengetahuannya dalam mempersiapkan bahan mengajar.
  • Sebagai tempat membantu siswa dalam memperjelas pengetahuan tentang pelajaran yang diterimanya di dalam kelas
  • Sebagai pusat dalam penelitian sederhana
  • Sebagai pusat informasi
  • Sebagai tempat mengembangkan bakat, minat dan kegemaran anak
  • Sebagai pusat pengembangan apresiasi budaya Perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang mendidik murid dan guru untuk menghargai nilai – nilai budaya
  • Sebagai tempat penyegaran yang digunakan untuk menyegarkan pikiran atau memuihkan kejenuhan setelah melakukan aktifitas

Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untukmencerdaskan bangsa.Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan. Perpustakaan memberi kontribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Sedangkan perpustakaan merupakan jantung bagi kehidupan aktifitas akademik, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan Untuk memperbaiki kondisi tersebut, perpustakaan harus menjadi sarana aktif/interaktif dan menjadi tempat dihasilkannya berbagai hal baru.Maka dari itu,dengan membaca slogan di atas yaitu perpustakaan,sarana pintar buat pintar harus diakui memang dengan perpustakaan merupakan sarana alat untuk menuju pintar,sebab dengan sering berkunjung ke perpustakaan dan mempunyai minat baca yang tinggi maka dengan sendrinya seseorang akan pintar dengan suka membaca.Selain itu di perpustakaan kita juga dapat mencari banyak bahan koleksi yang sesuai kebutuhan pengguna.Dengan itu,marilah kita tingkatkan membaca dan suka berkunjung ke perpustakaan demi mewujudkan slogan di atas “perpustakaan sarana,pintar buat pintar”.

One thought on “Perpustakaan, Sarana Pintar Buat Pintar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s