Olahraga Redakan Kram Perut Saat Menstruasi

Heyy sahabat wanitaku..

Suka nyeri ngga kalo pas lagi Haid..??

Hmmmm, saat aku konsultasi sama Bu Bidan, katanya kalau kita menderita nyeri haid jangan terus kita obatin dengan obat-obatan yang banyak beredar di iklan-iklan TV itu ntar nda malah ketergantungan. Nah lo!!

Maka itu aku mau berbagi pengalaman sama temen-temen semua tentang cara mengatasi nyeri perut kala kalian lagi Haid. Dan itu tanpa obat-obatan pastinya.

Aku manjur kok mencobanya..sekarang giliran kalian yyaa..^^

Okay, ,yukk kita simak apa aja sih cara-caranya buat mengatasinya…^^

Menurut  Dita Andira (2010 : 43-45) pengaturan pola makan dan olah raga merupakan hal yang disarankan para ahli untuk mengatasi kram perut yang merupakan salah satu gejala PMS. Banyak wanita yang menyerahkan penyelesaian ini kepada obat-obatan, baik tradisional maupun modern. Namun, tak ada salahnya jika penggunaan obat-obatan semacan itu dikurangi dan diganti dengan dengan metode lauin seperti olahraga, mengingat bahaya yang mungkin ditimbulkannya. Lagipula, pada hakikatnya tubuh secara alami telah diberi hormon endorphin yang berperan meredam rasa sakit yang ada. Olahraga yang disarankan untuk mengatasi permasalahan PMS tersebut adalah jalan kaki dan peregangan.

  1. 1.    Jalan Kaki

Jalan kaki semenjak dahulu dikenal sebagai olahraga yang bermanfaat meredakan ketegangan otot-otot tubuh. Itulah sebabnya, olahraga jalan kaki sangat dianjurkan bagi wanita yang bermasalah dengan kram perut saat menstruasi. Jenis jalan kaki yang disarankan adalah jalan cepat salaam 45 menit yang dilakukan setiap hari atau minimal tiga kali seminggu yang dilakukan secara rutin dan teratur saat menstruasi. Untuk ,menguatkan otot perut agar kram tersebut tidak kambuh lagi, lakukan olahraga jalan kaki tersebut meskipun tidak sedang dalam kondisi haid.

  1. 2.    Peregangan

Peregangan yang disarankan di sini adalah peregangan otot-otot perut dan panggul. Dengan melakukan peregangan, diharapkan otot-otot tersebut akan melemas dan nyeri berkurang. Sebelum melakukan peregangan, pastikan lantai tempat anda akan melakukan peregangan datar. Jika ada, gunakan matras senam. Selanjutnya, lakukan dua gerakan sebagai berikut.

Gerakan Pertama :

  • Tidur terlentang dengan posisi punggung menempel rata pada lantai atau matras.
  • Luruskan tangan ke atas kepala dan lunjurkan kaki.
  • Tarik kedua lutut ke arah dada, bantu dengan memegang kedua lutut.
  • Tarik perlahan ke arah dada tanpa menggerakkan dada, leher atau mengangkat kepala.
  • Setelah sampai pada posisi paling tinggi yang bias dicapai, tahan hingga hitungan kelima.
  • Selanjutnya, lepaskan pegangan, dan kembalikan posisi kaki ke arah awal.
  • Gerakan ini dilakukan tiga hingga empat kali. Anda juga dapat melakukan gerakan tersebut dengan satu lutut secara bergantian, jika merasa kurang nyaman lakukan gerakan dengan dua lutut sekaligus.

 

Gerakan Kedua

  • Posisikan tubuh Anda tidur terlentang, dengan posisi punggung menempel rata pada lantai atau matras.
  • Luruskan tanggan ke atas kepala dan lunjurkan kaki.
  • ·          Selanjutnya, tekuk kaki dari pangkal paha, kemudian angkat lurus ke atas sehingga tubuh membentuk sudut 90o.
  • Tahan tubuh Anda pada posisi tersebut hingga lima hitungan.
  • Setelah itu, turunkan perlahan-lahan, dan kembalikan kaki ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan ini hingga tiga atau empat kali.

Jika kondisi perut terasa, sangat sakit saat mengembalikan posisi kaki, tekuk lutut terlebih dahulu baru menurunkannya hingga telapak kaki menyentuh matras atau lantai. Setelah itu, Anda dapat meluruskan kaki kembali.

Selamat mencoba yaa…semoga kram perut yang selalu menghantui di setiap hari haid dapat teratasi tanpa biaya mahal..

Hmhmm…/(^_^)\

Sumber Rujukan :

Andira, Dita. 2010. Seluk Beluk Kesehatan Reproduksi Wanita. Yogyakarta :

A*Plus Books

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s