KIAT MENCEGAH PENUAAN KULIT

Pssst…!!!

Girls,, pengen tau ngga bagaimana caranya untuk mencegah kulit wajah kita dari penuaan? Sumber yang aku peroleh ni juga merujuk ke dokter juga, Lhooo!!

Hmm,untuk menghemat tulisan segera saja kita simak kiat-kiatnya yukk…J

Menurut Kak Afifah Afra (2008 : 83-85) memang betul bahwa secara alami seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kulit juga akan mengalami penuaan. Akan tetapi, penuaan itu sebenarnya bisa diperlambat. Menurut dr. Moerbono Mochtar, Sp.KK dari RSUD dr. Moewardi Surakarta, ada 4 langkah dasar perawatan kulit yang benar, yang jika diterapkan akan memperlambat penuaan kulit (skin aging).

            Pertama, pembersihan kulit (cleansing), yakni pengangkatan semua kotoran, minyak, serta sisa-sisa make-up dari kulit. Yang berperanan penting dalam aktivitas ini, tentu saja adalah sabun. Sedapat mungkin, pakailah sabun yang tidak terbuat dari soda (non-alkalis) dan ber-PH seimbang, agar fisiologi kulit kita tidak rusak. Pemakaian cleansing milk, cleansing cream, dan sejenisnya dianjurkan terutama untuk mengangkat sisa-sisa make-up. Setelah menggunakan cleansing cream, sempurnakanlah dengan penyegar kulit (freshner).

            Kedua, pelembaban kulit (moisturizing), yakni dengan pemberian lapisan lemak tipis (moisturizer) agar cairan tubuh tidak menguap sehingga terjadi kekeringan kulit. Pelembab akan efektif jika digunakan oleh orang yang berkulit kering. Sedangkan yang berkulit berminyak, sebaiknya tidak usah menggunakan zat ini, karena justru bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan terjadinya jerawat.

            Ketiga, perlindungan kulit, yakni melindungi kulit dari pengaruh sekitar yang merusak seperti sinar ultraviolet matahari, hawa yang ekstrim (panas atau dingin), angin, kotoran di udara, polusi udara dan sebagainya. Proteksi kulit terdiri terdiri dari 2 jenis, yakni proteksi kimia serta proteksi fisik. Proteksi kimia lazim disebut sebagai tabir surya (sunscreen). Untuk orang asia, sebaiknya sunscreen tidak mengandung senyawa PABA (Para Amino Benzoic Acid) beserta segenap keturunannya. Sedangkan, proteksi fisik bisa berupa topi, paying, baju lengan panjang, jilbab dan sebagainya.

            Keempat, pengampelasan atau penipisan kulit (peeling/thining). Ini dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati beserta kotoran yang menempel kuat di permukaan kulit dan tidak bisa terangkat oleh sabun biasa atau krim pembersih. Ini bisa membuat kulit terhindar dari kekusaman serta menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat. Pengampelasan bisa dilakukan dengan menggunakan handuk yang kasar, masker wajah (face mask) atau scrubs cream yang berisi butiran-butiran bulat halus yang berfungsi sebagai pengampelas (abrasivers).

            Jika ke-4 langkah tersebut dilakukan, menurut dr. Moerbono Mochtar, Sp.KK., kulit akan menjadi bersih, sehat dan cantik dalam jangka panjang (longterm beauty). Asyik banget, bukan?

Nah, udah tau kan kiat-kiatnya…. Selain hanya mudah, kita ngga bakalan ngabisin biaya mahal tuh. So, girls segera dirajinkan deh untuk merawat kulit kita melalui 4 langkah dasar di atas.

Good Luck yaa..semoga semakin cantiiik…JJJ

 

Sumber Rujukan :

Afra, Afifah. 2008. Look I’m Very Beautiful!. Solo : Indiva Media Kreasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s