Apakah Eksistensi Pustakawan Akan Tergantikan Dengan Search Engine?

SEARCH ENGINE

Search Engine adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi, menyusun Index berdasarkan kategori, dari beberapa Website yang telah mendaftarkan situsnya-nya, serta memberikan rating berdasar dari seringnya situs tersebut dikunjungi. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan halaman web yang kita butuhkan, cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada form yang telah disediakan. Perkembangan teknologi informasi menyebabkan kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan menarik. Dapat diprediksi keberadaan situs web  yang bernuansa edukasi sebagai penyedia konten bahan belajar secara perlahan bisa menggeser peranan perpustakaan. Untuk mengakses materi pembelajaran apapun dalam bahasa apapun tinggal menggunakan mesin pencari (search engine), bisa dengan  Google, Yahoo, Open Directory (DMOZ),  MSN, Live, Altavista, AOL, Altheweb.com, Baidu,  Looksmart,  Solusee, atau yang lainnya.

Kemunculan search engine merupakan salah satu sarana yang sangat membantu para akademisi. Bagaimana tidak? Beraneka ragam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Kamu-kamu sebagai mahasiswa tidak lagi perlu mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi-materi yang relevan dapat segera ditemukan. Selain menghemat tenaga dan waktu dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui di internet cenderung lebih up-to-date.

PUSTAKAWAN

Keberadaan perpustakaan dapat diartikan juga sebagai pemenuhan kebutuhan yang diakui masyarakat, kebutuhan ini menentukan bentuk, tujuan, fungsi, program dan jasa perpustakaan.

Dalam mengoptimalkan peran tersebut, pengorganisasian informasi. Pustakawan perlu memberikan kemudahan pengguna perpustakaan dalam menemukan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat. Oleh karena itu, layanan yang dilakukan selalu berorientasi pada masyarakat, sebagai pengguna informasi. Kepuasan pengguna merupakan petunjuk utama bagi pelaksana pengorganisasian informasi.

Pustakawan bisa disebut dengan find engineapabila pustakawan mempunyai kemampuan dalam hal memberikan informasi di internet secara akurat,relevan sesuai dengan kebutuhan user dibanding dengan menggunakan search engine. Dalam menguasai TI, pustakawan juga perlu bisa mengoperasikan Sistem Operasi Boolean. Agar dapat memudahkan dalam menemukan Informasi pustakawan harus bisa menentukan Key Word(s) atau subjek yang sesuai dengan Informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang tepat, mudah dan cepat.

Jadi apakah keberadaan Search Engine akan menggeser keberadaan Pustakawan?

Pustakawan dan Search Engine memang mempunyai karakteristik tersendiri. Jika membicarakan tentang keberadaan Search Engine akan menggeser keberadaan pustakawan, tergantung pada pustakawan itu sendiri bagaimana dalam menyikapinya.

      Keberadaan search engine tidak akan menggeser pustakawan jika perpustakaan mempunyai strategi tertentu misal dengan memberikan fasilitas diperpustakaan seperti dengan e-library, e-books, e-journal, e-bibliografi (OPAC). Dengan fasilitas  itu pustakawannya juga harus mempunyai skill dalam bidang IT agar tidak terkalahkan dengan search engine yang sebagaimana dapat memberikan informasi dengan mudah kepada user.

Atitude seorang pustakawan juga harus ditanamkan, dengan keramah tamahan, dengan senyuman terhadap pelanggan dalam memberikan rujukan untuk memperoleh informasi. Karena search engine tidak dapat memberikan hal itu.

Sehingga search engine bukan dianggap sebagai lawan lagi melainkan kawan bagi pustakawan.

      Keberadaan search engine akan menggeser pustakawan jika pustakawan tidak pintar dalam menguasai IT dengan baik. Karena pustakawan di saat ini diharapkan bisa berinteraksi dengan pengguna tidak hanya secara langsung atau bertatap muka tetapi juuga melalui media internet sebagaimana agar tidak kalah dengan search engine dalam memenuhi kebutuhan user.

Penulis Niken Rosidah Khosna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s