Search engine akan menggusur pustakawan?apa bisa…

Oke..kita coba lihat sekarang ini. Jika kita mendapatkan tugas kuliah sekolah atau mencari informasi. Apa yang pertama terlintas di benak kita untuk mendapatkan informasi atau seumber referensi.

 Banyak yang diantara kita seperti itu terjadi. Lha mengapa hal ini bisa terjadi dan mengapa kok kita jarang banget berfikiran mau cari ke perpustakaan gitu (pengalaman pribadi…xixixixixi):mrgreen: ?? sebuah pertanyaan yang mucul dari  benak saya mengapa kok bisa seperti ini ya?dan apakah nanti pustakawan akan tergusur dengan search engine yang semakin canggih ini?mari kita analisis bersama bro sis semuanya..Cmiiiiww

Pertama kita bahas kebiasaan menggunakan search engine. Search engine sendiri adalah  website yang berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan informasi sesuai permintaan dari penggunanya, konten yang disajikan adalah yang sudah terindex di server nya. Banyak sekali search enggine sekarang ini yang bermunculan seperti diantaranya Google, yahoo, bing dan lain sebagainya. Nah dengan kita memasukkan kata kunci saja kita sudah langsung mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan cepat. Dengan fenomena ini maka kebiasaan searching menggunakan search engine lebih disukai ketimbang harus menanyakan informasi kepada pustakawan.

Dan pertanyaan yang kedua apakah nantinya pustakawan akan tergantikan oleh search engine? Oke kita analisa lagi bro sis. Menurut analisis saya pustakawan “belum” bisa tergantikan dengan search engine. Karena apa, search engine tidak selalu tepat sasaran dalam memberikan informasi dan banyak yang tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh penggunanya. Sebaliknya dengan pustakwan, karena pustakawan dapat memberikan informasi kepada pengguna, dan informasi tersebut didapat dari berbagai sumber, maka dari itu pustakawan bisa di sebut “find engine”.

Keberadaan search engine dapat membantu pustakawan yang dijuluki sebagai find engine untuk mendapatkan informasi yang ada di dunia maya. Berbeda dengan pengguna biasa, karena pustakawan memiliki teknik khusus dalam melakukan penelusuran informasi menggunakan search engine. Namun hal ini tentunya harus di tunjang juga oleh pustakawan itu sendiri, apakah bisa mengikuti perkembangan teknologi atau tidak. Tapi menurut saya selama pustakawan reatif dan bisa mengikuti perkembangan teknologi maka kemungkinan tidak akan tergusur oleh search engine.

Menurut bro sis semua gimana, monggo di share and tetep semangat:mrgreen:

Posted by : Eka Aji Mustofa D1810026

2 thoughts on “Search engine akan menggusur pustakawan?apa bisa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s