Hmmmm….harus bagaimanakan perpustakaan itu????

Banyak diantara kita yang membayangkan perpustakaan itu tempat yang sepi, sunyi, berdebu dan bahkan ada yang beranggapan perpustakaan itu angker. Ya memang masih banyak perpustakaan di Indonesia sini yang kondisinya sangat mengenaskan terutama untuk perpustakaan di sekolah setingkat dasar hingga atas.

Coba lihat gambar di bawah ini yang merupakan perpustakaan di salah satu sekolah dasar yang tidak ter urus.

Sangat memprihatinkan sekali dimana perpustakaan yang seharusnya sebagai pusat informasi namun seperti yang kita lihat tak ada perhatian sekali untuk perpustakaan ini. Menurut analisis saya temapat ini lebih pantas disebut gudang dari pada sebuah perpustakaan. Lihat saja buku hanya di tumpuk sedemikan rupa dan hanya memiliki sedikit sekali koleksi.

Jika perpustakaan seperti ini tentu saja akan berpengaruh dengan minat baca anak-anak. Karena perpustakaan sendiri tidak dapat menarik pembaca untuk datang membaca.Jika kita bandingkan dengan gambar di bawah ini seperti di bawah ini pendapat bro/sis semua bagaimana?

Sangat wah sekali jika dibandingkan dengan gambar sebelumnya. Terlihat perpustakaan tidak hanya menyediakan informasi yang berupa buku namun juga menyediakan banyak fasilitas. seperti yang dituliskan Nur Januarita Benu di okezone.com perpustakaan ini menyediakan zone komputer dan internet, lounge untuk membaca dan santai, zona alat musik, dan ruangan sudut untuk ujian, serta mini lecture teathre yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar maupun sebagai tempat kumpul para pelajar yang bertandang ke perpustakaan tersebut.

Selain itu juga ada bagian-bagian lain yang sangat jarang ditemukan di gedung perpustakaan biasa, yakni zona snack and chat dimana para pengunjung dapat berdiskusi, ataupun ngobrol santai sambil menikmati camilan-camilan dan sudah pasti suplai buku-buku yang lengkap.

Seperti itulah yang saya bisa gambarkan dari beberapa data yang saya kumpulkan bagaimana perpustakaan itu bisa menarik pembacanya untuk datang membaca maupun yang lainnya di perpustakaan. Semuanya bisa terlaksana tentunya harus ada niat dari kita semua terutama pemegang kekuasaan. Semoga ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua. Salam damai untuk kita semua…monggo di share and kasih komentar bro/sis semua.

Sumber :

http://property.okezone.com/read/2012/04/14/474/611592/perpustakaan-yang-minimalis-dan-super-cozy  tanggal akses 15 april 2012

Posted by Eka Aji Mustofa

One thought on “Hmmmm….harus bagaimanakan perpustakaan itu????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s